twitter SMAN 4 Lahat


PROGRAM  PASCASARJANA  UNIVERSITAS SRIWIJAYA UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 2010/2011
 
Mata Kuliah                : Desain Pembelajaran Matematika
 Program Studi/Strata : Program Studi Pendidikan Matematika/S2
Dosen Penguji             : Dr. Rusdy A. Sroj, M.Pd
Waktu                                     : 100 menit
Sifat Ujian                   : Open book
 
========================================= ========================

A.    Guru yang propfesional merupakan salah satu komponen dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas baik.
1.      Salah satu ciri guru yang professional itu adalah menguasai bidang pedagogi. Jelaskan hubungan antara penguasaan bidang pedagogi dan matakuliah Desain Pembelajaran Matematika (penjelasan disertai dengan contoh)
2.      Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah peningkatan penguasaan bidang pedagogi. Kemukakan pendapat saudara hambatan-hambatan kultural yang dapat menghambat lajunya upaya mewujudkan tujuan tersebut.
3.      Ditengah pesatnya laju perkembangan teknologi informatika dan computer, diikuti pula dengan perkembangan“E-learning”, berkaitan dengan hal tersebut apakah guru yang professional itu masih relevan dibicarakan? Kemukakan pendapatmu!
 
B.     Salah satu misi program studi pendidikan matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya adalah: “ menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu bersaing dan bersanding dengan lulusan universits lain yang telah memiliki reputasi nasional dan internsiona”.
1.      Petakan kedudukan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika dalam kerangka keseluruhan matakuliah program studi pendidikan matematika untuk menghasilkan magister pendidikan matematika yang berkualitas baik.
2.      Bagaimana peran mata kuliah ini dalam upaya mengembangkan potensi mahasiswa untuk menjadi ilmuwan professional dalam bidang pendidikan matematika. Jelaskan pendapatmu.
 
Catatan: Jawaban diketik pada kertas A4 dan dikumpulkan secara serentak paling lambat hari jumat tanggal 24 Juni 2011 di prodi Pendidikan Matematika




A.    Guru yang propfesional merupakan salah satu komponen dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas baik.
 
1.      Salah satu ciri guru yang professional itu adalah menguasai bidang paedagogi. Jelaskan hubungan antara penguasaan bidang paedagogi dan matakuliah Desain Pembelajaran Matematika (penjelasan disertai dengan contoh).
 
Jawab :
            Kompetensi Guru merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh Guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2007 tentang Guru, dinyatakan bahwasanya  kompetensi yang harus dimiliki oleh Guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Kompetensi Guru tersebut bersifat menyeluruh dan merupakan satu kesatuan yang satu sama lain saling berhubungan dan saling mendukung.Kompetensi pedagogik yang dimaksud dalam tulisan ini yakni antara lain kemampuan pemahaman tentang peserta didik secara mendalam dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Pemahaman tentang peserta didik meliputi pemahaman tentang psikologi perkembangan anak. Sedangkan Pembelajaran yang mendidik meliputi kemampuan merancang pembelajaran, mengimplementasikan pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran, dan melakukan perbaikan secara berkelanjutan.
Menurut Peraturan Pemerintah tentang Guru, bahwasanya kompetensi pedagogik Guru merupakan kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang sekurang-kurangnya meliputi:
1. Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan.
 Guru memiliki latar belakang pendidikan keilmuan sehingga memiliki keahlian secara akademik dan intelektual. Merujuk pada sistem pengelolaan pembelajaran yang berbasis subjek (mata pelajaran), guru seharusnya memiliki kesesuaian antara latar belakang keilmuan dengan subjek yang dibina. Selain itu, guru memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas. Secara otentik kedua hal tersebut dapat dibuktikan dengan ijazah akademik dan ijazah keahlian mengajar (akta mengajar) dari lembaga pendidikan yang diakreditasi pemerintah.Contohnya  seluruh guru darin SD, SMP/MTs,, SMA/MA sekurang-kurangnya tamatan S1.
 2. Pemahaman terhadap peserta didik
Guru memiliki pemahaman akan psikologi perkembangan anak, sehingga mengetahui dengan benar pendekatan yang tepat yang dilakukan pada anak didiknya. Guru dapat membimbing anak melewati masa-masa sulit dalam usia yang dialami anak. Selain itu, Guru memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap latar belakang pribadi anak, sehingga dapat mengidentifikasi problem-problem yang dihadapi anak serta menentukan solusi dan pendekatan yang tepat.Contohnya guru dapat mengetahui kemampuan anak ,latar belakang keluarganya dan mengarahkan cita-cita sesuai dengan minat dan kemampuannya.

3. pengembangan kurikulum/silabus
Guru memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum pendidikan nasional yang disesuaikan dengan kondisi spesifik lingkungan sekolah. Contohnya guru harus dapat mengembangankan silabus sesuai dengan keadaan dan lingkungan serta potensi sekolah,serta membuat indikator sesuai dengan situasi dan keadaan sekolah.
 4. Perancangan pembelajaran
Guru memiliki merencanakan sistem pembelajaran yang memamfaatkan sumber daya yang ada. Semua aktivitas pembelajaran dari awal sampai akhir telah dapat direncanakan secara strategis, termasuk antisipasi masalah yang kemungkinan dapat timbul dari skenario yang direncanakan.Contohnya guru harus dapat mendesain pelajaran dengan baik sesuai dengan sarana dan prasarana sekolah yang ada serta dapat memberikan pemahaman yang jelas kepada siswa.
 5. pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
Guru menciptakan situasi belajar bagi anak yang kreatif, aktif dan menyenangkan. Memberikan ruang yang luas bagi anak untuk dapat mengeksplor potensi dan kemampuannya sehingga dapat dilatih dan dikembangkan.Contohnya dalam pembelajaran guru harus dapat memahami dan menerapkan model-model pembelajaran agar siswa selalu kriatif,jangan konvensional tetapi cara mengajar selalu bervariasi sesuai dengan materi dan sarana sekolah yang ada.
 6. Pemanfaatan teknologi pembelajaran.
Dalam menyelenggarakan pembelajaran, guru menggunakan teknologi sebagai media. Menyediakan bahan belajar dan mengadministrasikan dengan menggunakan teknologi informasi. Membiasakan anak berinteraksi dengan menggunakan teknologi.Contohnya guru mengajar menggunakan ICT, powerpoint, internet,penggunaan LKS dengan web yang  sesuai dengan perklembangan teknoli sekarang ini.
7. Evaluasi hasil belajar
Guru memiliki kemampuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan meliputi perencanaan, respon anak, hasil belajar anak, metode dan pendekatan. Untuk dapat mengevaluasi, guru harus dapat merencanakan penilaian yang tepat, melakukan pengukuran dengan benar, dan membuat kesimpulan dan solusi secara akurat.Contohnya guru harus mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari pretes, postes, ulangan harian, mid semester maupun semester dan mengarsipkan daftar nilai dengan baik serta mempunyai buku pembinaan mata pelajaran  untuk dapat membina siswa yang mengalami hambatan atau masalah dalam belajar, berteman, lingkungan maupun  keluarga.
8. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang        dimilikinya
Guru memiliki kemampuan untuk membimbing anak, menciptakan wadah bagi anak untuk mengenali potensinya dan melatih untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.Contohnya guru harus mengetahui betul kemampuan siswa dalam belajar, dapat mengarhkan siswa sesuai dengan cita-citanya, guru sebagai guru BP/BK untuk siswanya .
                 Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan ini adalah dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas, berbasis pada perencanaan dan solusi atas masalah yang dihadapi anak dalam belajar. Sehingga hasil belajar anak dapat meningkat dan target perencanaan guru dapat tercapai. Pada prinsipnya, Kesemua aspek kompetensi paedagogik di atas senantiasa dapat ditingkatkan melalui pengembangan kajian masalah dan alternatife solusi.
                Selain kompetensi pedagogik guru juga harus menguasai kompetensi profesional. Kompetensi profesional seorang guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar ia dapat melaksanakan tugas mengajarnya dengan berhasil.

UNTUK MENJADI GURU PROFESIONAL, SESEORANG HARUS :
1. mengerti dan menyenangi dunia pendidikan, dan didukung dengan kompetensi              profesionalisme.
2. menerapkan prinsip mengajar yang baik serta mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pendidikan.
3. mempunyai motivasi kerja yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar.
4. berjiwa sabar dan bisa dijadikan suri tauladan bagi anak didiknya, baik dalam berkata maupun bersikap.
5. memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan suasana sekolah yang kondusif.
6. mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan informasi untuk dunia pendidikan.
7. mempunyai program pengajaran yang jelas dan terarah sesuai dengan kurikulum.
8. berbudi pekerti luhur dan berkepribadian yang santun dan bertanggungjawab.
                    Hubungan antara penguasaan paedagogik dengan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika jelas sangat erat hubungannya guru harus menguasai bidang pedagogik  yang ada 8 tertera diatas, agar guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tuntutan kurikulum dan dapat mendesai pembelajaran dengan baik.




2.      Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah peningkatan penguasaan bidang pedagogi. Kemukakan pendapat saudara hambatan-hambatan kultural yang dapat menghambat lajunya upaya mewujudkan tujuan tersebut.
Jawab :
            Ada beberapa hambatan kultural yang acapkali berlawanan dengan kegiatan pelaksanaan peningkatan penguasaan bidang pedagogik untuk menjadi guru yang profesional adalah :
1.      Gaji yang gajinya “terlalu pas-pasan” bahkan mungkin “kurang”. Hal ini memaksa seorang guru mencari nafkah tambahan seusai jam kerja. Kebiasaan ini berjalan sampai sekarang, akibatnya guru tidak memiliki kesempatan untuk membuat persiapan mengajar dengan baik dan matang untuk pembelajaran di kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi tidak efektif.Contohnya guru laki-laki jadi tukang ojek, sopit taksi, berdagang, sedangkan guru perempuan membentuk arisan, kridit barang, penjahit dsb. Hambatan pemerintah untuk memberikan tunjangan profesioanan guru atau sering disebut guru sertifikasi yang kesejahteraannya sering terlambat dalam pemberian kepada guru, dalam setahun hanya dua kali penerimaan bahkan hanya sekali.
2.      Tugas – tugas administrasi guru yang dianggap memberatkan. Guru beranggapan bahwa merasa cukup lama dan berpengalaman menjadi guru, semuanya sudah dimengerti dan hapal di “luar kepala”. Akibatnya, sebagian besar tugas administrasi dibuat dengan  setengah terpaksa hanya untuk menyenangkan hati atasan.Contohnya membuat RPP, analisis soal ulangan harian, mid semester bahkan ujian semester, telaah soal, pemetaan kurikulum, pikiet guru, bahkan sekarangpun untuk naik pangkat golongan bermacam-macam syarat ditentukan yang harus dipenuhi guru dengan lengkap.
      3.    Kenaikan Pangkat Guru Terhambat, Karya Tulis Jadi Kendala
 Minimnya niat guru untuk menjadi guru yang profesional (pasrah dengan kemampuan dan keadaan).  Ada anggapan bahwa  guru berprestasi maupun  tidak berprestasi pun gajinya sama, inilah yang membuat sebagian guru kurang termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikannya. Guru-guru pegawai negeri sipil di tingkat pendidikan dasar dan menengah sulit mencapai golongan pangkat di atas IV A karena kemampuan mereka dalam membuat karya tulis masih lemah.
 4    Kurang tersedianya fasilitas pendidikan yang menunjang PBM. Akibatnya pelaksanaan PBM berjalan tidak efektif dan cenderung penyampaian materi bahan ajar dari guru tidak berkembang dengan semestinya, yaitu dengan strategi pembelajarn yang inovati, bervariasi dalam alat dan media, namun cenderung monoton.
  5.  Anggota masyarakat enggan (ragu) mengikuti langkah-langkah program pendidikan   jika    suatu sekolah menetapkan kebijakan tertentu untuk kemajuan sekolah. Masyarakat tahu bahwa dana pendidikan 20%  adanya sekolah gratis, beasiswa anak miskin, sehingga jika ada kebijakan sekolah masyarakat mengabaikannya.

      6. Innovasi baru tentang teknik peningkatan pendidikan yang ditawarkan oleh kaderkader
         pembangunan pada umumnya belum dapat dipahami sebagai unsur kepentingan
         sekolah. Tidak sedikit muncul perilaku yang kontradiktif terhadap pelaksanaan program pendidikan masih ada prasangka buruk terhadap innovasi baru tentang kegiatankegiatan
          yang berhubungan dengan upaya peningkatan kesejahteraan guru, seperti tunjangan guru profesional (sertifikasi guru) yang banyak masyarakat bahkan pemerintah tidak setuju dengan adanya tunjangan profesional guru.

7.      Tokoh-tokoh pendidikan pada umumnya belum menunjukkan adanya peluang untuk
melakukan perubahan dan penyesuaian kesejahteraan guru, peningkatan sarana dan prasaraa pendidikan seperti kebutuhan komputer sesuai dengan tuntutan zaman.pemerataan guru disekolah dimana di kota guru berlebih jumlahnya sedangkan di daerah apalagi di daerah terpencil sangat kekurangan guru mata pelajaran.

8.      Kepercayaan masyarakat terhadap pendidik sangat direndahkan, contohnya jika penerimaan siswa baru, kenaikan kelas, penjurusan atau kelulusan , masih ada masyarakat yang secara langsung untuk berusaha dengan jalan apapun agar anaknya berhasil sesuai dengan tujuan anak atau orang tua.

9.      Masih kurangnya pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan terkait mengadakan penataran/work shop untuk peningkatan profesional guru khusunya kompetensi pedagogik.

10.  Masih adanya kecurangan ujian nasional baik tingakat SD,SMP maupun SMA, yang disebabkan karena adanya tujuan politik dari masing-masing pihak, disini pemerintah tidak bisa mengambil keputusan secara bijak.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3.      Ditengah pesatnya laju perkembangan teknologi informatika dan computer, diikuti pula dengan perkembangan“E-learning”, berkaitan dengan hal tersebut apakah guru yang professional itu masih relevan dibicarakan? Kemukakan pendapatmu!
Jawab :
 
                E-learning adalah proses pembelajaran yang disampaikan atau difasilitasi oleh teknologi elektronik, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Benyak sekali manfaat yang dapat diterima dari ketersediaan sistem e-learning antara lain melalui sistem pembelajaran e-learning dapat melakukan pertukaran ide dan ilmu pengetahuan antar sekolah dan masyarakat yang akan membawa dampak baik pada perkembangan kebudayaan, sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.
Sistem pembelajaran e-learning juga akan dapat membuka wawasan siswa dan mahasiswa mengenai perkembangan teknologi. Melalui sistem ini juga penggunan tidak hanya menjadi objek bagi perkembangan ilmu pengetahuan namun penggunan dalam hal ini pelajar dan mahasiswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sistem pembelajaran e-learning juga merupakan sistem pembelajaran yang stategis karena interaksi belajar mengajar tidak hanya terbatas diruang kelas dan tata muka.
                   Tidak semua sekolah mempunyai media pembelajaran yang lengkat sebagai sumber belajar. Disamping itu tidak semua guru menguasai dan menggunakan media belajar yang bervariatif. Sekolah yang mempunyai perangkat komputer dan internet akan dapat mengubah paradogma sistem pendidikan yang ada . Di mana bahan ajar dan sumber belajar dapat kita dapatkan sebanyak-banyaknya apabila sekolah tersebut mempunyai perangkat komputer dan internet , serta guru-guru yang berkualitas dapat menggunakan komputer dan sering mengakses internet dengan baik untuk mencari dan menggunakan internet sebagai bahan ajar yang up-to date.Permasalahan secara umum yang dialami sekolah-sekolah adalah :
a. Tidak semua sekolah dapat mengadakan perangkat komputer dan internet
b. Tidak semua guru dapat menggunakan komputer dan mengakses internet
c. Tidak semua sekolah mempunyai media pembelajaran yang lengkat dan variatif ,
    misalnya    media encharta , geogle- art , dan sebagainya

               “Guru” adalah suatu sebutan bagi jabatan, posisi, dan profesi bagi seseorang yang mengabdikan dirinya dalam bidang pendidikan melalui interaksi edukatif secara terpola, formal, dan sistematis. Dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (pasal 1) dinyatakan bahwa: “Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengrahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah”. Guru professional akan tercermin dalam penampilan pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode. Keahlian yang dimiliki oleh guru profesional adalah keahlian yang diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan yang diprogramkan secara khusus untuk itu. Keahlian tersebut mendapat pengakuan formal yang dinyatakan dalam bentuk sertifikasi, akreditasi, dan lisensi dari pihak yang berwenang (dalam hal ini pemerintah dan organisasi profesi). Dengan keahliannya itu seorang guru mampu menunjukkan otonominya, baik secara pribadi maupun sebagai pemangku profesinya.   Di samping dengan keahliannya, sosok professional guru ditunjukkan melalui tanggung jawabnya dalam melaksanakan seluruh pengabdiannya. Guru professional hendaknya mampu memikul dan melaksanakan tanggung jawab sebagai guru kepada peserta didik, orang tua, masyarakat, bangsa, Negara, dan agamanya. Guru profesional mempunyai tanggung jawab pribadi, social, intelektual, moral, dan spiritual. Tanggung jawab pribadi yang mandiri yang mampu memahami dirinya. Tanggung jawab social diwujudkan melalui kompetensi guru dalam memahami dirinya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari lingkungan sosial serta memiliki kemampuan interaktif yang efektif. Tanggung jawab intelektual diwujudkan melalui penguasaaan berbagai perangkat pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menunjang tugas-tugasnya. Tanggung jawab spiritual dan moral diwujudkan melalui penampilan guru sebagai makhluk yang beragama yang perilakunya senantiasa tidak menyimpang dari norma-norma agama dam moral.
               Sementara itu, para guru diharapkan akan memiliki jiwa profesionalisme, yaitu sikap mental yang senantiasa mendorong dirinya untuk mewujudkan dirinya sebagai petugas professional. Pada dasarnya profesionalisme itu, merupakan motivasi intrinsic pada diri guru sebagai pendorong untuk mengembangkan dirinya ke arah perwujudan profesional. Kualitas profesionalisme didukung oleh lima kompetensi sebagai berikut :
  1. Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang ideal
  2. Meningkatkan dan memelihara citra profesi
  3. Senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya
  4. mengejar kualitas dan cita cita dalam profesi.
 
B.     Salah satu misi program studi pendidikan matematika Program Pascasarjana
      universitas Sriwijaya adalah: “ menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu
      bersaing dan bersanding dengan lulusan universits lain yang telah memiliki reputasi
      nasional dan internsiona”.
         1.Petakan kedudukan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika dalam kerangka
            keseluruhan matakuliah program studi pendidikan matematika untuk menghasilkan
            magister pendidikan matematika yang berkualitas baik.
         2.Bagaimana peran mata kuliah ini dalam upaya mengembangkan potensi mahasiswa
            untuk menjadi ilmuwan professional dalam bidang pendidikan matematika.
            Jelaskan pendapatmu.
 
Jawab :
 Sebelum membahas peta kedudukan mata kuliah Desain Pembelajaran Matermatika dalam kerangka keseluruhan Program Studi Pendidikan Matematika untuk menghasilkan magister pendidikan matematika yang berkualitas baik., dan bagaimana peran mata kuliah ini dalam upaya mengembangkan potensi mahasiswa menjadi ilmuwan profesional dalam bidang pendidikan matematika, akan dibahas pengertian  ilmuwan dan profesional serta tujuan Pendidikan matematika program pascasarjana Unsri.
 
  1. Tujuan Pelajaran Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
      1.Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
   2.Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika.
      3.Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
      4.Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
      5.Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.


   Matematika adalah :
                              1.            Cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisir secara   sistematis.
                              2.            Pengetahuan tentang fakta-fakta kuantitatif dan masalah-masalah tentang ruang dan bentuk.
                              3.            Pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi.
                              4.            Pengetahuan tentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan.
                              5.            Pengetahuan tentang struktur-struktur yang logik.

  1.  Ilmuwan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) dijelaskan bahwa ilmuwan ialah orang yang ahli atau banyak pengetahuannya mengenai suatu ilmu. Ilmuwan juga berarti orang yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1995).
Berdasarkan uraian di atas dapat dikatakan bahwa ilmuwan adalah orang yang ahli tentang ilmu pengetahuan atau yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan.
      C.Profesional dan Profesionalisme
 Kata profesi dalam KKBI diartikan profesi sebagai bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dsb.) tertentu. Istilah profesional berarti:
 1) bersangkutan dengan profesi.
2) memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya.
3) mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya (lawan amatir).
Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 1 ayat 4, yang dimaksud profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut profesional dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah.
Istilah profesionalisme dalam KKBI adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Dengan demikian, profesionalisme guru dapat diartikan sebagai kualitas dan tindak tanduk yang menggambarkan ciri profesi guru atau guru yang profesional.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa seorang profesional adalah seorang yang bekerja dengan keahlian, kemahiran atau kecakapan menurut bidangnya. Ilmuwan profesional artinya orang yang ahli dalam suatu ilmu pengetahuan dan bekerja dalam suatu bidang keilmuan sebagai profesinya.

 Pembahasan
Program Pascasarjana Pendidikan Matematika merupakan program pascasarjana yang membekali para sarjana pendidikan matematika atau sarjana matematika dengan berbagai mata kuliah yang dapat menunjang tugas pokok mahasiswa masing-masing. Kedudukan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika dalam kerangka keseluruhan Program Pascasarjana Pendidikan Matematika berada pada posisi yang strategis. Desain Pembelajaran Matematika menjadi dasar yang kuat, baik bagi pembahasan-pembahasan mata kuliah kependidikan matematika maupun bagi pembahasan mata kuliah keilmuan matematika.
VISI:
Menjadikan Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya sebagai salah satu penyelenggara pendidikan pascasarjana di Indonesia bidang ilmu pendidikan matematika yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia, riset, informasi, dan inovasi kependidikan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang bermutu baik dalam penguasaan teori maupun praktik kependidikan pada tahun 2015.

MISI:
1.      Menyelenggarakan kegiatan, pengelolaan, dan proses pendidikan yang efektif dan efisien untuk menghasilkan pendidik dan tenaga ahli pendidikan matematika yang profesional.
2.      Mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinil sebagai sumbangsih bagi perkembangan pendidikan dan pembelajaran matematika pada berbagai tingkatan pendidikan melalui berbagai kegiatan penelitian dan forum ilmiah.
3.      Mengupayakan penerapan dan transformasi gagasan-gagasan baru dan segar dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika kepada masyarakat untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran matematika pada berbagai tingkat pendidikan.

TUJUAN:
Tujuan penyelenggaraan pendidikan Magister (S2) Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut.
1.      Menghasilkan lulusan yang bermutu, yaitu pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang studi matematika untuk berbagai tingkat pendidikan yang mampu mengikuti tuntutan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan informasi, mampu mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinal bagi perkembangan pendidikan dan pembelajaran matematika melalui penelitian dan forum ilmiah, dan mampu menerapkan dan mentransformasikan gagasan-gagasan itu untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan/atau proses pembelajaran matematika.
2.      Mengembangkan ilmu pendidikan dan pembelajaran bidang studi matematika untuk berbagai tingkat pendidikan melalui perkuliahan, bimbingan penelitian, diskusi, dan berbagai forum ilmiah.
3.      Menghasilkan karya yang dapat diterapkan dan ditransformasikan untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan/atau proses pembelajaran matematika, serta dapat meningkatkan hubungan sinergis dengan lembaga lain, dan masyarakat pengguna, yang diutamakan bersumber dari hasil penelitian yang berkualitas.

SASARAN:
Sasaran Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Unsri adalah mahasiswa  :
1.      Mempunyai kemampuan pedagogik.
2.      Mempunyai kemampuan akademik atau profesional dan
3.      Mempunyai kemampuan kepribadian dan sosial terkait pendidikan matematika.

            Sehingga program studi pendidikan matematika program pascasarjana Universitas Sriwijaya akan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu bersaing dan bersanding dengan lulusan universits lain yang telah memiliki reputasi  nasional dan internsiona”.
      Kedudukan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika dalam kerangka keseluruhan Program Pascasarjana Pendidikan Matematika berada pada posisi yang strategis. Desain Pembelajaran Matematika menjadi dasar yang kuat, baik bagi pembahasan-pembahasan mata kuliah kependidikan matematika maupun bagi pembahasan mata kuliah keilmuan matematika.
Peran mata kuliah ini dalam upaya mengembangkan potensi mahasiswa menjadi ilmuwan profesional juga begitu besar. Dengan memahami Desain Pembelajaran Matematika , para mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Matematika dapat memiliki keyakinan diri yang kuat untuk menjadi ilmuwan profesional, khususnya ilmuwan pendidikan matematika yang profesional. Mengapa demikian? Sebab, dengan dasar Desain Pembelajaran Matematika, mahasiswa memiliki pondasi berpikir yang kuat untuk mengembangkan keilmuan matematika dan keilmuan pendidikan matematikanya.
Mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Matematika berasal dari dua kutub kesarjanaan, yakni sarjana pendidikan matematika dan sarjana matematika. Desain Pembelajaran Matematika dapat menjadi mata rantai yang kuat untuk mengkolaborasikan dan mengembangkan dua potensi mahasiswa ini menjadi sebuah kekuatan yang dapat mendorong lahirnya calon ilmuwan pendidikan matematika yang profesional.
Secara skematis, kedudukan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika dalam kerangka keseluruhan program Pascasarjana Pendidikan Matematika digambarkan berikut ini.
                                                                    

       Secara singkat dapat dikatakan bahwa mata Desain Pembelajaran Matematika berkedudukan sebagai pondasi pokok bagi dua bidang kajian penting dalam Program Pascasarjana Pendidikan Matematika. Mata kuliah ini menjadi bagian intersection yang kuat antara mata-mata kuliah kependidikan matematika dan keilmuan matematika. Mata kuliah ini memiliki peran strategis dalam rangka mencetak calon ilmuwan profesional dalam bidang pendidikan matematika.

 















DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Logo Unsri Warna







“ JAWABAN  UJIAN  SEMESTER “

Oleh
AMINUDDIN
NIM: 20102512013


Dosen Pembina:
Dr. RUSDY A SIRODJ, M.Pd




PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG
2010/2011










Minggu, 20 Mei 2012 | 0 komentar |