MODEL ARISAN
Bentuk kelompok + 4
orang setiap kelompok secara heterogen
Kertas
jawaban dibagikan pada siswa, masing-masing 1 kartu soal digulung dan
dimasukkan ke dalam wadah/tempat
Wadah
yang telah berisi gulungan soal dikocok, kemudian salah satu dikeluarkan/diambil.
Selanjutnya dibacakan agar dijawab oleh siswa yang
memegang kartu jawaban
Apabila jawaban benar maka
siswa dipersilakan tepuk tangan atau yel-yel lainnya
Setiap jawaban yang benar
diberi poin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan
penjumlahan poin dari para anggotanya
Dan seterusnya.
MODEL ARTIKUSASI
- Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menyajikan materi pembelajaran.
- Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
- Suruhlah seorang dari pesangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
- Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampai-kan hasil dialog dengan teman pasangannya
- Guru mengulangi/ menjelaskan kembali materi yang belum dipahami siswa
- Simpulan/penutup
MODEL BERTUKAR
PASANGAN
l Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasanya menunjukkan
pasangannya atau siswa menunjuk pasangan)
l Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
l Setelah selesai, setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang
lain
l Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing, pasangan
yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
l Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan
kepada pasangan semula
MODEL CONSEPT SENTENSE
- Guru menyampaikan tujuan
- Guru menyajikan materi secukupnya
- Guru membentuk kelompok yang anggotanya 4-5 orang secara heterogen
- Menyajikan beberapa kata ‘KUNCI’ sesuai materi yang disajikan
- Setiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimatnya
- Hasil diskusi kelompok, didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru
- Simpulan/penutup
MODEL COOPERATIF SCRIPT
o Guru membagi siswa untuk berpasangan
o Guru membagi wacana/materi kepada setiap pasangan untuk dibaca dan
membuat ringkasan
o Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai
pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
o Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan
memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sedangkan pendengar:
n Menyimak/mengoreksi/menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap
n Membantu mengingat/menghafal
ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
o Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta
lakukan seperti di atas.
o Simpulan dari guru
o Penutup
MODEL KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN
MENULIS
- Membentuk kelompok yang anggotanya 4-5 orang yang secara heterogen
- Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
- Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberikan tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada selembar kertas
- Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
- Guru membuat kesimpulan bersama
- Penutup
1.15.7 Model Course Review Horay
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
- Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
- Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (V) dan jika salah diisi dengan tanda silang (X)
- Siswa yang sudah mendapat tanda (V) harus segera berteriak horay atau yel-yel laninnya
- Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh
- Penutup
1.15.8 Model Dabate
Guru membagi dua kelompok
peserta debat, yang terdiri satu pro dan yang lainnya kontra
Guru memberikan tugas untuk
membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok
Setelah selesai membaca materi.
Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu,
selanjutnya ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya
Sementara siswa menyampaikan
gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis,
sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
Guru
menambah konsep/ide yang belum terungkap
Dari
data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat simpulan/rangkuman
yang mengacu pada tujuan yang ingin dicapai
1.15.9 Model Decision Making
n
Guru
menginformasikan tujuan dan perumusan masalah
n
Secara
klasikal tayangkan gambar, wacana atau kasus permasalahan yang sesuai dengan
materi pelajaran atau kompetensi yang diharapkan
n
Buatlah
pertanyaan agar siswa dapat merumuskan permasalahan sesuai dengan gambar,
wacana atau kasus yang disajikan
n
Secara
kelompok siswa diminta mengidentifikasikan permasalahan dan membuat alternatif
pemecahannya
n
Secara
kelompok/individu siswa diminta mengidentifikasi permasalahan yang terdapat di
lingkungan sekitar siswa yang sesuai dengan materi yang dibahas dan cara
pemecahannya
n
Secara
kelompok/ individu siswa diminta mengemukakan alsan mereka memilih alternatif
tersebut
n Secara kelompok/individu siswa diminta mencari penyebab terjadinya
masalah tersebut
n Secara kelompok/individu siswa diminta mengemukakan tindakan untuk
mencegah terjadinya masalah tersebut
1.15.10 Model Examples non Examples
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar/wacana di papan atau ditayangkan lewat OHP
- Guru memberikan petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan gambar/wacana
- Melalui diskusi kelompok, siswa diminta untuk menganalisis dan mendeskripsikan/menginterpretasikan tugas tersebut
- Hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas, dan setiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusi
- Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
- Simpulan/penutup
1.15.11 Model Group Investigation
n
Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
n
Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
n
Guru
memanggil ketua-ketua kelompok untuk membahas satu materi yang berbeda setiap
kelompoknya
n Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara
kooperatif berisi penemuan
n Setelah selesai diskusi, ketua kelompok sebagai juru bicara
menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya
n Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi simpulan
n Evaluasi/penutup
1.15.12 Model Group to Group Exchange
o Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen, diusahakan
tugas masing-masing kelompok berbeda
o Berikan cukup waktu untuk berdiskusi dan mempersiapkan bagaimana
mereka dapat menyajikan topik yang telah mereka kerjakan
o Bila diskusi telah selesai, mintalah kelompok memilih juru
bicaranya. Undanglah setiap juru bicara menyampaikan kepada kelompok lain
o Setelah presentasi singkat, doronglah peserta didik bertanya pada
presenter atau tawaran pandangan mereka
sendiri. Biarkan anggota juru bicara kelompok menanggapi
o Lanjutkan sisa presentasi agar setiap kelompok memberikan informasi
dan merespon pertanyaan juga komentar peserta. Bandingkan dan bedakan pandangan
serta informasi yang saling ditukarkan.
1.15.13 Model
Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar
Ø Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
Ø Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama,
menghadap ke dalam
Ø
Dua siswa yang berpasangan dari
lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua
pasangan dalam waktu yang bersamaan.
Ø
Kemudian
siswa berada di lingkungan kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di
lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga
masing-masing siswa mendapat pasangan baru.
Ø Sekarang giliran siswa berada di
lingkungan besar yang membagi informasi. Demikian
seterusnya.
1.15.14 Model Jigsaw
•
Siswa dibagi dalam beberapa
kelompok, setiap kelompok beranggotakan 3-5 siswa
•
Setiap kelompok diberi tugas
sejumlah anggota kelompok (tiap siswa dalam kelompok mendapat tugas yang
berbeda)
•
Tiap siswa dalam kelompok
membaca bagian tugas yang diperoleh
•
Guru memerintah siswa yang
mendapat tugas yang sama untuk berkumpul membentuk kelompok baru (kelompok
ahli) mendiskusikan tugas yang sama
•
Setiap siswa hendaknya memahami
dan mencatat hasil diskusinya untuk dilaporkan dalam kelompok asal
•
Setelah selesai sebagai tim
ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menyampaikan hasil
diskusinya kepada teman lain dalam kelompoknya tentang tugas yang mereka kuasai
secara bergilir
•
Setelah seluruh siswa selesai
melaporkan, guru menunjuk salah satu kelompok untuk menyampaikan hasilnya,
kelompok lain menanggapi dan guru mengklarifikasi jawaban yang kurang sempurna
•
Simpulan bersama guru dan siswa
1.15.15 Model Kepala Bernomor (Numbered
Heads Together)
•
Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor kepala
•
Guru memberikan tugas,
diupayakan setiap kelompok mendapat tugas yang berbeda, dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
•
Kelompok mendiskusikan jawaban
yang benar, tiap anggota kelompok mencatat hasil diskusi
•
Setiap anggota kelompok
memiliki tanggungjawab dan kesempatan yang sama untuk melaporkan hasil
diskusinya
• Guru memanggil salah satu nomor siswa
dalam kelompok tertentu untuk melaporkan hasil diskusinya
• Tanggapan dari teman yang lain dalam
kelompoknya, kemudian dapat disempurnakan dari kelompok lain
• Selanjutnya guru menunjuk nomor yang lain
di kelompok lain dengan tugas yang berbeda
•
Simpulan/klarifikasi guru
1.15.16 Model Kepala Bernomor Struktur
- Siswa dibagi dalam kelompok, dan setiap siswa mendapat nomor kepala
- Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai. Misalnya: Siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
- Jika perlu, guru bisa menyuruh kerjasama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerjasama mereka
- Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari kelompok yang lain
- Simpulan
1.15.17 Model Mencari Pasangan (Make-A
Match)
- Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
- Setiap siswa mendapat satu buah kartu
- Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
- Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
- Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
- Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari siswa yang lain
- Demikian seterusnya
- Simpulan
- Penutup
1.15.18 Model Mind Mapping
•
Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
•
Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa. Sebaiknya permasalahan
yang mempunyai alternatif jawaban
•
Membentuk kelompok yang
anggotanya 2-3 orang
•
Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
•
Setiap kelompok (atau diacak
kelompok tertentu) membacakan hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
•
Dari data-data di papan siswa
diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang
disediakan guru
1.15.19 Model Picture and Picture
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang disajikan
- Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Simpulan/rangkuman
1.15.20 Model
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Ø Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan sarana yang
dibutuhkan, memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah
yang dipilih
Ø Guru membantu siswa merumuskan dan mengorganisasikan tugas yang
berhubungan dengan masalah yang dipilih (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll)
Ø Guru memantau siswa untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan,
melaksanakan eksperimen atau penelitian untuk mendapat data yang akurat,
pengumpulan data, analisa data untuk menguji hipotesa, atau mendeskripsikan
temuan yang diperoleh (refleksi, atau evaluasi) terhadap penelitian yang mereka
rencanakan
Ø Guru membantu siswa dalam menyusun laporan dan membantu mereka
berbagi tugas dengan temannya
1.15.21 Model Role Playing
n Guru menyiapkan/menyusun skenario yang akan ditampilkan
n Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario sebelum
berlangsungnya pembelajaran
n Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
n Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam
pembelajaran
n Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakukan skenario
yang sudah dipersiapkan
n Masing-masing siswa duduk dikelompoknya masing-masing sambil
memperhatikan/mengamati skenario yang sedang diperagakan
n Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas
sebagai lembar kerja untuk membahas
n Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
n Guru memberikan simpulan secara umum
n Evaluasi
n Penutup
1.15.22 Model Scramble
–
Media:
–
Buatlah
pertanyaan yang sesuai dengan materi
–
Buat jawaban yang diacak
hurufnya
–
Guru
menyajikan materi yang sesuai dengan kompetensi
–
Membagikan lembar kerja sesuai
dengan contoh
1.15.23 Model Snowball Throwing
•
Guru menyampaikan materi yang
akan disajikan
•
Guru membentuk
kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan
penjelasan tentang materi
•
Masing-masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru
kepada temannya
•
Kemudia masing-masing siswa
diberikan satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang
menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
•
Kemudian kertas tersebut dibuat
seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama + 5
menit
•
Setelah siswa dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
•
Guru memberikan kesimpulan
•
Evaluasi
•
Penutup
1.15.24 Model Student Facilitator and
Explaining
n Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
n Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
n Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada pesarta lainnya
baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
n
Guru
menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
n
Guru
menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
n Penutup
1.15.25 Model Tim Siswa-Kelompok Prestasi (Student
Teams-Achievement Division)
n Membentuk kelompok yang beranggotakan 3-5 orang secara heterogen
n Guru menyajikan materi pelajaran
n Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan anggota kelompok
yang menguasai diminta menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota
dalam kelompok itu mengerti/memahami
n
Guru
memberikan kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu
n Guru memberi evaluasi
n Simpulan
1.15.26 Model Take and Give
- Siapkan kelas sebagaimana mestinya
- Jelaskan materi sesuai kompetensi + 45 menit
- Untuk memantapkan penguasaan siswa, setiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
- Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing, dan setiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol
- Demikian seterusnya sampai setiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing
- Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
- Simpulan
1.15.17 Model Talking Stik
l Guru menyiapkan sebuah tongkat
l Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian
memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada
buku pegangannya atau buku paketnya
l Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya, lalu menyuruh siswa
untuk menutup bukunya
l Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru
memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus
menjawabnya. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian
untuk menjawab pertanyaan dari guru
l Guru memberikan kesimpulan
l Evaluasi
l Simpulan
1.15.28 Model Tebak Kata
n Jelaskan materi + 45 menit
n Suruhlah siswa berdiri di depan kelas dan berpasangan
n Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 Cm yang nanti
dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa lainnya diberi kartu berukuran 5 x 2
Cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau
diselipkan di telinga
n Sementara siswa yang membawa kartu 10 x 10 Cm membacakan kata-kata
yang tertulis didalamnya. Sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud pada
kartu 10 x 10 Cm. Jawab dengan tepat dan sesuai yang tertulis pada kartu yang
ditempel di dahi
n Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis pada kartu) maka
pasangan ini boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan
boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya
n Dan seterusnya sampai selesai
n Penutup dan simpulan
1.15.29 Model Think Pair and Share
n Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
n Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang
disampaikan oleh guru
n Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya dan mengutarakan
hasil pemikirannya masing-masing
n Guru memimpin pleno kecil diskusi, dan setiap kelompok mengemukakan
hasil diskusinya
n Berawal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok
permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
n Penutup dan simpulan
1.15.30 Model Word Square
Ø Media:
Ø Buat kotak sesuai keperluan
Ø Buat kotak sesuai dengan materi
Ø Langkah-langkah:
Ø Sampaikan materi sesuai kompetensi
Ø Bagikan lembar kegiatan sesuai contoh
Ø Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak
sesuai jawaban
Ø
Berikan
poin setiap jawaban dalam kotak.
0 komentar: